Tips Menghindari Penipuan Online


Jadi, bila kita jeli memilih toko online yang tepat, pada dasarnya tidak usah kuatir akan adanya penipuan. gaptek28.wordpress.com memberikan  tips menghindari dari tertipu oleh website gadungan :
  • gunakan akal sehat, jangan mudah percaya harga yang murah atau promosi menjebak
  • periksa tampilan situs toko online dengan seksama, apakah ada hal yang mencurigakan (nomor telepon, rekening bank, alamat toko, hingga tata bahasa yang digunakan)
  • cek reputasi toko dengan mengunjungi forum diskusi atau via google
  • bila mengaku asal dari kota Batam, coba cek dulu kebenarannya lewat sini (web) dan sini (FB)
  • periksa syarat dan ketentuan yang dibuat khususnya untuk proses pembayaran dan pengiriman, toko yang benar dilengkapi nomor rekening bank atas nama pemilik atau lebih baik atas nama toko (bila tokonya memiliki badan hukum berupa PT)
  • kebanyakan toko online memang meminta pembayaran dulu baru barang dikirim, namun bila belum yakin dengan cara itu mintalah transaksi melalui rekening bersama (rekber) atau tunai (cash on delivery)
  • minta pendapat teman atau keluarga bila anda ragu, hindari gegabah seorang diri memutuskan untuk membeli dan melakukan transfer.

Tips lebih lengkap:
http://iqbalrois.wordpress.com/2011/06/25/hati-hati-dengan-online-shop-batam-di-facebook/

source: batamwatch.com

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mendeskriditkan toko online dan mereka yang mencari nafkah dengan menjual secara online, justru harapannya pembaca bisa memilah toko yang benar dan toko yang fiktif. Budayakan saling berbagi info tentang penipuan ONLINE, bersama-sama kita basmi penipu laknat dari dunia maya Indonesia.

<Update>
Satu hal lagi, ada lagi satu jenis Online SHOP fiktif tapi bukan Online SHOP Penipu. Yaitu web/blog hasil tugas Sekolah atau Tugas kuliah, dimana sang Guru atau Dosen yang Terhormat memberikan Tugas ke siswa atau mahasiswa nya untuk membuat web atau blog toko Online. Namun ada juga yang meneruskan web blog tugas itu menjadi toko online yang serius dan bukan sekedar tugas (benar-benar berjualan online). 

Kita sebagai sesama pengguna internet di tuntut lebih jeli dalam menganalisa suatu web online shop agar tidak tertipu dan tidak salah menuduh/melaporkan siswa atau mahasiswa yang hanya sekerdar bikin tugas. Hahaha :) Maju terus pendidikan Indonesia!!!